Evaluasi Semester 3 Rumah Kepemimpinan: Momen Perubahan dan Perbaikan

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter

Momen perubahan dan perbaikan

Pada bulan Desember 2021, Rumah Kepemimpinan mengadakan evaluasi semester ketiga untuk peserta angkatan 10. Evaluasi ini merupakan pengalaman kedua evaluasi bagi Regional Putri Bogor Bandung Jatinangor (R-Bobana) dan Regional Nusantara (RKN) namun terhitung evaluasi semester ke-3 bagi regional lainnya. Rangkaian evaluasi meliputi self-assessment, ujian tertulis, refleksi, perbaharuan CV, momen bersama evaluator, dan evaluasi eksternal. Evaluasi kali ini tidak hanya melibatkan stakeholder yang bersinggungan dengan Rumah Kepemimpinan. Namun ada poin istimewa yaitu keterlibatan pihak eksternal dalam mengevaluasi peserta.

Rumah Kepemimpinan menyadari bahwa dampak pembinaan idealnya dirasakan langsung oleh keluarga, rekan, atau partner organisasi. Ibarat cermin, peserta diberikan kesempatan untuk merefleksikan apa yang orang lain lihat terhadap perubahan baik yang terjadi pada dirinya selama membina diri di Rumah Kepemimpinan. Lebih jauh lagi, hasil evaluasi eksternal ini juga membantu validasi ketercapaian learning outcomes bagi Rumah Kepemimpinan sebagai lembaga. Kebaruan dalam proses evaluasi ini disambut baik oleh peserta. Tidak jarang peserta merasa penasaran akan hasil evaluasi eksternal yang di tujukan untuk dirinya. Dari sini para peserta mengetahui bahwa evaluasi pembinaan tidak hanya bentuk pertanggungjawaban peserta pada lembaga, namun lebih jauh lagi evaluasi adalah bentuk pertanggungjawaban Rumah Kepemimpinan kepada Ummat.

Pada evaluasi semester kali ini 95% peserta dinyatakan memenuhi standar kualifikasi peserta di semester ketiga, dan berhak melanjutkan proses pembinaan di semester berikutnya meskipun ada sebagian yang lulus dengan angka yang tipis dan dalam pemantauan ketat selama satu bulan masa percobaan. Sementara 5% peserta dinyatakan selesai masa pembinaan di asrama. Semoga hasil ini dapat memberikan dampak yang baik bagi seluruh peserta, baik yang lulus maupun yang selesai.

More to explorer

Peran Perempuan dalam Kepemimpinan

Jakarta ─ Ketua Dewan Kerajinan Daerah sekaligus Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Nusa Tenggara Barat masa bakti 2018-2023, Hj. Niken

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *