Semangat Memperbaiki Diri Agar Menjadi Lebih Berarti

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter

Rama Sulthan Falah merupakan salah satu peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan X, Regional Bogor. Saat ini Rama sedang menjalani perkuliahan di Institut Pertanian Bogor Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Awal perkenalan Rama dengan dunia game online sudah dimulai sejak kelas 2 SD. Saat itu, Rama kecil seringkali memanfaatkan laptop milik kakaknya untuk memainkan games klasik seperti Plant vs Zombie. Di usia SMP, qaddarullah, Rama berhasil mencapai level tertinggi di salah satu game online yang sedang booming saat itu.

Pencapaian tersebut bukan berarti tanpa pengorbanan, ia sampai rela berpuasa demi menghemat uang jajan yang ia gunakan untuk membeli item-item berbayar di dalam game tersebut. Hingga puncaknya, Rama sempat menempati peringkat terakhir di kelas 1 SMP. Momen ini dikenangnya sebagai masa-masa jahiliyah.

Titik balik hidup Rama pun dimulai semenjak ia pergi merantau ke IPB dan tinggal ber-asrama di tahun pertamanya berkuliah. Melihat teman satu atapnya yang jarang muncul di asrama karena aktif berorganisasi, akhirnya Rama pun tertarik dan memutuskan untuk mendaftar di organisasi kampus.

Saat tahun kedua kuliah, Rama semakin bersemangat untuk aktif pada banyak organisasi dan kepanitiaan, selain itu ia juga mulai merintis aktif di instagram untuk akun dakwah  @Basyar_id dan akun edukasi perikanan @Ocefish_id.

Banyaknya amanah membuat kondisi Rama naik dan turun, tertekan bahkan sempat mengalami kefuturan. Manajemen waktu yang menjadi berantakan, internalisasi anggota mengalami kemunduran, hingga Rama menyadari dirinya tidak pernah menyempatkan untuk membaca buku.

Hingga akhirnya Rama terpilih menjadi salah satu peserta Rumah Kepemimpinan Regional V Bogor Angkatan X. Selama berada di Rumah Kepemimpinan, Rama mulai membenahi manajemen waktu hingga semakin membaik, ia juga semakin sering membaca buku, dan internalisasi anggota organisasinya menjadi lebih baik.

Di saat yang sama @Ocefish_Id juga berkembang pesat, saat ini sudah ada 10 relawan yang berperan sebagai konten kreator. Rama berharap Ocefish yang dirintisnya bisa menjadi salah satu kanal utama edukasi perikanan kepada masyarakat Indonesia yang saat ini masih sangat jarang.

InspirationalStory

More to explorer

Peran Perempuan dalam Kepemimpinan

Jakarta ─ Ketua Dewan Kerajinan Daerah sekaligus Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Nusa Tenggara Barat masa bakti 2018-2023, Hj. Niken

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *