Diskusi Strategis RK dan YAPI Al-Azhar : Tukar Pikiran Kelola Asrama Pembinaan Pemuda 

photo_2022-09-06 09.33.50
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Asrama sejauh ini masih menjadi pilihan terbaik dalam membentuk karakter pemuda dengan ragam kegiatan pembinaan yang ada didalamnya. Sebagaimana yang dipercaya oleh kedua lembaga yang telah lama berkecimpung di ranah pembinaan pemuda, yakni Rumah Kepemimpinan (RK) dan Yayasan Asrama Pelajar Islam (YAPI) Al-Azhar sebagai intervensi yang dipilih untuk membina pemuda menjadi seseorang yang berdampak di ranahnya masing-masing. Keduanya telah memiliki sejarah tersendiri dalam mengelola alumni. 

Dari kesamaan pandangan terkait asrama, hubungan berlanjut antara RK dan YAPI Al-Azhar dengan adanya pertemuan yang dilangsungkan di awal September ini. Sehingga pada hari Kamis (1/9) telah berlangsung Sharing Session antara RK dengan Pengurus YAPI Al-Azhar. Bertempat di kantor pusat YAPI Al Azhar Rawamangun, RK yang diwakili oleh Adi Wahyu Adji (AWA) selaku Direktur Eksekutif, Yessy Nur Handayani (YNH) selaku Direktur Bidang Beneficiaries dan Supriatna (S) selaku Direktur Bidang Business Development berbagi pengalaman dalam mengelola Pembinaan Berasrama selama 20 tahun. 

Melalui sharing dan diskusi ini dibahas terkait tentang praktik baik pengelolaan asrama dan juga kondisi termutakhir serta kendala yang dihadapi dalam mengelola asrama pembinaan. RK dinilai memiliki pengalaman dan praktik baik dalam mengelola asrama walau secara usia, YAPI Al-Azhar sudah lebih dahulu dimulai 50 tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari luaran program yang dihasilkan cukup ter-highlight dengan baik di berbagai ranahnya, selain itu juga RK mampu untuk memastikan program pembinaan tersampaikan dengan baik hingga pada pembentukan diri dan karakter seorang alumni. 

Pada sharing dan diskusi ini pula, AWA menyampaikan terkait bagaimana RK secara organisasi dikelola. Beliau membahas terkait perjalanan 20 tahun RK, dinamika dan transformasi yang dihadapi oleh RK. Selain itu, YNH juga menambahkan pembahasan terkait tentang sistem dan manajemen Pembinaan RK dimana ini menjadi faktor kunci keunggulan yang dimiliki oleh RK. Setelah paparan materi yang disampaikan, diskusi hangat nan dalam pun dilakukan diantara kedua belah pihak.

Diskusi ini diharapkan jadi awalan yang baik untuk hubungan strategis antara RK dan YAPI Al-Azhar. Saling belajar dan mendukung upaya dalam membina dan membangun pemuda sebagai aset strategis Bangsa. Dengan praktik baik yang dimiliki oleh RK dan juga jejaring tokoh yang juga alumni dari YAPI Al-Azhar seperti nama-nama besar Prof. Jimly, Prof. Irwan Prayitno, Muliaman Hadad, dan yang lainnya, diharapkan mampu menambah nilai strategis dari kolaborasi yang akan terbentuk di kemudian hari.

More to explorer

Leave a Reply

Your email address will not be published.