Pandemi COVID-19 dan Ragam Inspirasi Pembinaan Jarak Jauh Rumah Kepemiminan

stk01
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Terkadang, keterbatasan membuka banyak jalan keluar yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya —Anonim

Di angkatan ke IX ini (periode pembinaan 2018-2020), Rumah Kepemimpinan menggunakan Learning Outcomes yang merupakan turunan dari 8 Kompetensi Dasar dalam Pembinaan Berasrama Rumah Kepemimpinan sebagai acuan capaian keberhasilan setiap peserta binaannya. Learning Outcomes membantu mengukur keberhasilan intervensi program yang diberikan kepada para peserta binaan. Adanya Learning Outcomes juga membuat program pembinaan tidak melulu asrama based atau hanya bisa dilakukan di asrama. Adanya Learning Outcomes, menstimulus inisiasi program-program online, seperti Listen to Inspigo, Leaders and Leadership Online, Sharing Alumni Virtual, Dialog Tokoh/Diskusi Pasca Kampus Online, dan lain sebagainya.

Pengalaman melaksanakan program pembinaan secara online ternyata memberikan manfaat tersendiri dalam kondisi Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Sejak diterbitkannya instruksi untuk social distancing, Rumah Kepemimpinan melakukan penyesuaian dengan memberlakukan kebijakan Pembinaan Jarak jauh. Para peserta diberikan pilihan untuk melakukan karantina diri di asrama atau di rumah masing-masing. Sementara, untuk program pembinaannya sebagian dilakukan secara mandiri, sebagian lainnya difasilitasi oleh Bidang Beneficiaries dan para Supervisor Asrama melalui beragam pilihan program online.

Sejak kebijakan Pembinaan Jarak Jauh diberlakukan, ada banyak inovasi program online yang muncul dan dilaksanakan oleh beberapa asrama. Sebut saja misalnya program Coaching 1 on 1 secara online antara peserta dan Supervisor Asrama yang membahas tentang perkembangan diri masing-masing peserta. Selain itu, ada juga program Pembinaan Jarak Jauh yang mengundang narasumber seperti Kajian Parenting dengan tema “7 Keterampilan Dasar Penunjang Kesuksesan Hidup”, dengan Pak Ading (Alumni RK, Childhood Optimizer Trainer) sebagai pembicaranya. Ada juga program Semacam Tempat Kumpul dengan tema “Seberapa Bahaya COVID-19” dengan pembicara Amala RP, SKM (Alumni RK, Epidemiolog Ahli Pertama Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno Hatta) dan Ns. Adinda FF, S.Kep (Perawat IGD RS Universitas Indonesia).

Masih ada beberapa program online yang sedang dirancang sebagai bentuk Pembinaan Jarak Jauh di Rumah Kepemimpinan. Beberapa program online yang siap rilis diantaranya adalah, Self Upgrading: “Bagaimana Mengukur Pencapaian Kompetensi Diri”, Kajian Pra Nikah: “Mencari Pasangan Sevisi”, Kajian Finansial: “Bagaimana Mengatur Keuangan Setelah Bekerja”, Cluster Deep Exploration: “Memantapkan Pilihan Karir Pasca Kampus”, dan masih banyak program-program Pembinaan Jarak Jauh yang sedang dirancang oleh para Supervisor Asrama bersama para peserta RK.

Rumah Kepemimpinan merupakan Lembaga Non Profit yang setiap angkatannya memberikan Beasiswa Pembinaan Berasrama kepada 300 Mahasiswa terpilih yang berasal dari 11 PTN yang tersebar di 9 kota besar di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2002 lalu, Rumah Kepemimpinan kini telah menghasilkan 1316 Alumni yang telah menyebarkan banyak kontribusi di berbagai sektor kehidupan baik di dalam maupun di luar negeri. (EAM)

More to explorer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *