Jakarta – Hari ini (12/4) telah berlangsung Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Program Beasiswa Mahasiswa Berprestasi antara Sucofindo (Persero) dan Yayasan Bina Nurul Fikri di Graha Sucofindo, Jakarta.
Kegiatan ini dihadiri langsung oleh perwakilan pimpinan PT SUCOFINDO (Persero) antara lain Bapak Budi Hartanto (Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis), Bapak Eka Abdullah (Ketua PKBL) dan pegawai lainnya, Adapun Yayasan Bina Nurul Fikri lembaga yang menaungi program Rumah Kepemimpinan diwakili langsung oleh Bapak Bachtiar Firdaus (Ketua Yayasan Bina Nurul Fikri), Fachriadi Tanjung (Direktur Bidang Kemitraan dan Fundraising), Ibrahim Irsyad (Manajer Bidang Marketing dan Komunikasi), Adlul Hamidi Zalnur (Staf Bidang Kemitraan dan Fundraising), dan Arya Adiansyah (Staf Bidang Pembinaan Peserta dan Pemberdayaan Alumni). Selain itu, hadir pula 15 mahasiswa/i terpilih penerima Program Beasiswa Mahasiswa Berprestasi dari Yayasan Bina Nurul Fikri.


Program Beasiswa Mahasiswa Berprestasi adalah sebuah komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia strategis yang siap menjadi pemimpin di masa depan. Peserta yang terpilih berasal dari berbagai fakultas di Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Bandung. Mahasiswa terpilih berdasarkan beberapa kriteria yakni aktif berorganisasi, memiliki nilai akademik yang baik dan mempunyai dampak sosial yang nyata.


Pada kegiatan ini, Bapak Budi Hartanto selaku Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis dalam sambutannya menyampaikan visi besar dari PT SUCOFINDO (Persero) yakni menjadi perusahaan kelas dunia yang kompetitif, andal dan terpercaya di bidang inspeksi, pengujian, sertifikasi, konsultasi dan pelatihan. Seiring dengan menjalankan kegiatan business survey sebagai core business, PT SUCOFINDO (Persero) berkomitmen membantu pengembangan lingkungan dan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, PT SUCOFINDO (Persero) berkolaborasi dengan berbagai stakeholders sehingga mampu bersama-sama mencapai visi membangun Indonesia.


Selanjutnya, dalam sambutannya Bapak Bachtiar Firdaus sebagai Ketua Yayasan Bina Nurul Fikri sangat mengapresiasi PT SUCOFINDO (Persero) yang telah berkolaborasi dengan Yayasan Bina Nurul Fikri melalui program Rumah Kepemimpinan. Pada tahun 2019, Program Rumah Kepemimpinan telah menginjak usia 17 tahun. Kini, Rumah Kepemimpinan telah ada di 9 Regional dengan 11 Perguruan Tinggi Negeri yakni Regional 1 Jakarta (Universitas Indonesia), Regional 2 Bandung (Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Bandung), Regional 3 Yogyakarta (Universitas Gadjah Mada), Regional 4 Surabaya (Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Regional 5 Bogor (Institut Pertanian Bogor), Regional 6 Medan (Universitas Sumatera Utara), Regional 7 Makassar (Universitas Hasanuddin), Regional 8 Samarinda (Universitas Mulawarman) dan Regional 9 Solo (Universitas Sebelas Maret). Ditambah lagi, Rumah Kepemimpinan telah mencetak 1.316 Alumni yang tersebar di berbagai sector kontribusi.


Setelah adanya sambutan dari setiap pimpinan lembaga, kegiatan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama pun dilakukan dihadapan segenap pengurus PT SUCOFINDO (Persero), Yayasan Bina Nurul Fikri dan 15 orang peserta terpilih. Setelah peserta resmi menjadi penerima Program Beasiswa Mahasiswa Berprestasi. Maka, para peserta akan dibantu biaya selama berasrama di Rumah Kepemimpinan dan terbuka peluang setelah lulus kuliah dapat berpeluang bekerja di PT SUCOFINDO (Persero).

Pada momen ini juga pihak PT SUCOFINDO (Persero) juga menjelaskan tentang profile dan jasa-jasa PT SUCOFINDO (Persero) yang telah berdiri sejak 22 Oktober 1956. Saat ini, di usianya sudah lebih dari 62 tahun, PT SUCOFINDO (Persero) telah mengembangkan jasa di bidang usaha inspeksi dan audit, pengujian dan analisis, sertifikasi, konsultasi, dan pelatihan dalam bidang pertanian, Kehutanan, Pertambangan (Migas dan Nonmigas), Konstruksi, Industri Pengolahan, Kelautan, Perikanan, Pemerintah, Transportasi, Sistem Informatika dan Energi Terbarukan. Kompetensi dan pengalaman PT SUCOFINDO (Persero) tak perlu diragukan lagi. Sejak tahun 2017, dengan didukung oleh budaya kerja yang tinggi, peningkatan kompetensi melalui knowledge management dan pengembangan jasa yang inovatif, diharapkan dapat mengembangkan bisnis yang berorientasi kelas dunia. Dengan perjalanan panjang yang dilalui, PT SUCOFINDO (Persero) melalui visi dan misi bertekad untuk terus menjadi perusahaan inspeksi terdepan dan terbesar di Indonesia.


Terakhir, kegiatan ini ditutup dengan Doa dan Foto bersama. Semoga kerjasama yang terbangun ini semakin mengokohkan perjalanan setiap stakeholders dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat. (AHZ/EA)