Bandung – Awal Tahun ini Sekelompok Mahasiswa dari Beasiswa Pemimpin Indonesia Rumah Kepemimpinan membuat sebuah gerakan AKSI (Akademi Kepemimpinan Siswa Indonesia) . Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya keresahan sekaligus tantangan kedepan yang akan dihadapi generasi muda Indonesia bahwa kita mengalami krisis kepemimpinan. Sadar akan hal itu, sekelompok mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa UNPAD dan ITB berkolaborasi untuk melakukan aksi nyata memberi sebuah solusi untuk mempersiapkan pemimpin muda lebih muda.


Program AKSI adalah program pembinaan akademik dan Non-Akademik bagi para pelajar SMA di kota Bandung. Sambil menyiapkan para siswa SMA untuk memasuki jenjang kampus dengan pembinaan akademik dan persiapan kehidupan kampus, para binaan juga akan diajak untuk mengembangkan dirinya lebih jauh dengan soft skill dan hard skill yang berguna bagi masa depan.

SMA Nasional Bandung, menjadi yang pertama merasakan kebermanfaatan program AKSI ini. Dimulai dari diadakannya sosialisasi yang diselanggarakan pada tanggal 23 Januari 2019 yang dihadiri oleh kurang lebih 300 siswa dari tiga angkatan berbeda dan dua jurusan berbeda yaitu IPA dan IPS. AKSI menuai respon positif dari seluruh siswa-siswi SMA nasional Bandung. Antusiasme para siswa-siswi sangat terlihat ketika mereka akhirnya sadar bahwa program ini bisa menjadi solusi bagi mereka untuk menemukan jati diri dan sadar akan potensi-potensi yang mereka miliki.

Rencananya kegiatan ini akan berjalan rutin sekali sepekan , dan akan diisi oleh para beswan Rumah Kepemimpin mahasiswa UNPAD dan ITB. Rumah kepemimpinan sendiri adalah sebuah Lembaga yang sudah teruji selama 15 tahun membina mahasiswa aktif berprestasi di beberapa perguruan tinggi negeri di berbegai kota.

“Kedepannya kami akan terus berupaya memperluas program AKSI ini. SMA Nasional adalah awal dari langkah kami dan kedepannya akan banyak SMA SMA di Bandung yang akan menerima manfaat dari program ini”, Ujar Ahmad Yani salah satu awardee Rumah Kepemimpinan.

Harapannya program ini dapat menjadi jembatan yang memfasilitasi aktualisasi diri siswa melalui kegiatan-kegiatan kolaborasi berbagai pihak yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakter siswa untuk menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan yang prestatif, inspiratif, dan kontributif. (HSP.)

Prabu Bandung
Rumah Kepemimpinan,
Beasiswa Pemimpin Indonesia

Berbagi dengan yang lain: