Seri Kajian Pra-Nikah Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta, pada hari Senin tanggal 7 Mei 2018 pukul 06.00 – 07.30. Tema pada hari ini adalah “Membangun Keluarga Strategis : Baiti Jannati, Baiti Haroki” dengan pembicara Bang Bachtiar Firdaus, ST., M.PP. (Direktur Rumah Kepemimpinan) dan sang Istri Mbak Ika Malika, S.Psi., M.Psi. (Kepala Badan Konseling Mahasiswa UI)

Kajian ini menjadi salah satu dari rangkaian Seri Kajian Pra-Nikah yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2018 di Regional 1 Jakarta.

Pada kajian ini, Bang Bachtiar dan Mbak Ika memaparkan tentang Tahapan Keluarga Hebat, dan juga persiapan-persiapan yang dibutuhkan sebelum menikah, seperti:
1. Tahap Pra-Keluarga : pembinaan pra-nikah
2. Tahap 1 : kesepakatan peran keluarga di rumah dan di sekolah
3. Tahap 2 : penguatan kompetensi keluarga (orang tua)
4. Tahap 3 : perluasan peran keluarga hebat

Adapun keterampilan yang harus dimiliki seseorang sebelum menikah antara lain adalah Komunikasi, Mendengarkan, dan Menyelesaikan Konflik karena konflik yang terselesaikan justru menguatkan hubungan

Dalam islam, seseorang yang akan menikah, akan diberi jaminan merasakan ketenangan hati. Seseorang tersebut tidak akan lagi gelisah atau banyak mengeluh seperti sebelum dia menikah. Pernikahan memang bertujuan untuk memberikan ketenangan hidup baik bagi laki-laki maupun perempuan yang masih lajang.

Ya tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penenang hati kami“.

Bagi siapa saja yang ingin hatinya jauh lebih tenang dan tenteram, maka berikhtiarlah untuk mencari pasangan hidup dan menikah dengan tujuan beribadah kepada allah SWT.

Berbagi dengan yang lain: