Senin malam (09/10), telah terlaksana agenda Bulanan Rumah Kepemimpinan Regional IV Surabaya yaitu Salam Manajer. Salam Manajer ini diisi Manajer Rumah Kepemimpinan Regional IV Surabaya, Mas Wawan Ismanto, S.Si. Salam Manajer kali ini mengangkat materi tentang Kaizen “Continuous Improvement”.

Dimoderatori oleh Ardyas Nur Aufa, Mahasiswa Departemen Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, ITS, agenda diawali oleh tilawah dari Aries Budiyono (Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Unair) demi khidmat dan berkahnya agenda Salam Manajer tersebut. Kemudian, masuk ke acara inti yaitu materi “Kaizen” yang disampaikan oleh Mas Wawan.

Materi dibuka oleh mas Wawan dengan pengenalan singkat strategi Kaizen yang banyak dipakai oleh perusahaan – perusahaan Jepang. Perusahaan – perusahaan Jepang banyak menerapkan strategi Kaizen dan mengapresiasi karyawan – karyawannya yang juga menerapkan strategi Kaizen untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.

Mas Wawan menyatakan bahwa perubahan yang baik adalah perubahan yang dinamis, selalu menghasilkan improvements di dalamnya. Pun juga halnya tentang leadership dalam berbagai bidang. Mas Wawan mencontohkan dengan pepatah “a good leader is also a good follower”. Tanpa dukungan dari follower, mustahil leader akan berhasil. Akan sulit bagi kita untuk mengatakan bahwa seseorang adalah pemimpin yang baik, apabila ia juga tidak bertindak sebagai pengikut yang baik. Apabila kita hanya memposisikan diri kita sebagai leader maka lama kelamaan akan menjadikan diri kita cenderung arogan dan terbawa oleh Syndrome Power sehingga respect staff/anggota organisasi/komunitas yang kita pimpin akan turun.

Berikutnya, mas Wawan menyampaikan tentang definisi Kaizen. Kaizen adalah suatu filosofi dari Jepang yang memfokuskan diri pada pengembangan dan penyempurnaan secara terus menerus atau berkesinambungan. Istilah Kaizen berasal dari bahasa Jepang yaitu kata KAI [改] dan ZEN [善].  Kata “KAI” yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “berubah” sedangkan “ZEN” yang artinya adalah “Baik”. Jadi jika diartikan secara langsung maka arti Kaizen adalah “Merubah menjadi lebih baik”. Pada prinsipnya adalah suatu strategi yang diawali oleh pencarian masalah, analisis, dan kemudian mencari solusi atas permasalahan tersebut, sehingga menciptakan perubahan – perubahan dinamis ke arah yang lebih baik atau yang biasa disebut “continuous improvement”. Strategi Kaizen dapat diterapkan kegiatan sehari-hari yang sederhana bertujuan untuk melakukan peningkatan produktifitas.

Agenda ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi peserta tentang Kaizen sehingga mampu menerapkan kaizen dalam keseharian. Setelah ini peserta akan membuat rencana penerapan kaizen untuk kehidupan asrama. Semoga dapat menjadi awal yang baik untuk memulai kebiasaan baik peserta.

Berbagi dengan yang lain: