Alhamdulillah telah terlaksana sharing alumni Rumah Kepemimpinan (RK) regional 5 B Bogor. Sesi sharing alumni kali ini diisi oleh salah satu alumni RK angkatan 6 jurusan Teknologi Industri Pertanian IP, Delmar Zakaria Firdaus yang sekarang bekerja di MUI bagian sertikfikasi halal. Materi yang dibawakan oleh beliau pada kali ini bertemakan A-Z Guide for freshgraduation. Materinya disampaikan secara menarik dan mudah dipahami. Dengan penyampaiannya yang gaul dan lebih dekat dengan peserta membuat acara berjalan lancar dan aktif. Hal ini terlihat dari keterlibatan dari peserta untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan terkait apa yang disampaikan.

Materi yang disampaikan begitu cocok dengan apa saja yang harus diperhatikan saat sudah menghadapi dunia pasca kampus mulai dari A-Z bagi seorang fresgraduation. Materi yang disampaikan pada sesi kali ini, disesuaikan dengan kondisi lulusan muda yang belum berpengalaman dalam kerja. Sehingga setelah sesi ini, sudah semakin jelas bagi seorang lulusan muda untuk melanjutkan hidup, baik untuk lanjut kuliah maupun memilih untuk terjun langsung di dunia kerja.

Materi ini memberikan gambaran tentang bagaimana dunia pasca kampus yang sesungguhnya. Guide yang dimaksudkan dari A-Z memang mewakili dari setiap huruf yang terdapat dalam alphabet. Dimulai dari huruf A, yang berarti Attitude hingga huruf Z yang diartikan dalam materi kali ini berupa zakat dan infaq.

A yang berarti Attitude yaitu sikap yang harus diperbaiki, B yang berarti brave yaitu selalu berani dalam menjalankan tantangan. C yang berarti challenge-open yaitu selalu membuka diri bagi tantangan. D yang berarti drilling yaitu punya keahlian. E yang berarti ethics yaitu dalam beretika harus tetap menjadikan kompas agama dan dan moral sebagai acuan, terlebih ketika berhubungan dengan rezeki halal dan haram.

F berarti final paper (skripsi) yang juga harus dijadikan sebagai bahan perhatian karena ini menyangkut lulus tidaknya seseorang dari bangku perkuliahan. Selanjutnya adalah G yang berarti good looking yaitu berhubungan dengan penampilan yang menarik. H berarti (art of) happy, I berarti (nothing) instant dan J berarti jangan (5x) yang berarti jangan marah, jangan drama, jangan suudzon, jangan panik dan jangan menyerah. Setelah J abjad yang selanjutnya adalah K yang berarti kerasnya dunia pasca kampus tidak seperti yang diharapkan.

L yang berarti learning (belajar), M yang berarti Money atau uang yaitu godaan terbesar bagi lulusan muda. N yang berarti natural, O yag berarti terorganisir dan P yang berarti pulang yaitu pulang ke kampung halaman (tidak lupa). Setelah abjad P, guide yang selanjutnya diawali abjad Q, yang berarti Question-open atau berani bertanya. R yang berarti respect (hormat), s yang berarti still look good all day dan T yang berarti time (memaksimalkan waktu sebaik mungkin). Underrate (diremehkan) yaitu pandangan oang lain yang meremehkan orang lain.

Vigorous yang berarti bergairah dan penuh energi dalam menjalankan setiap aktivitas. W yang berarti Work-life balance (seimbang dalam menjalani hidup), abjad yang selanjutnya adalah X yang berarti x-tra effort yaitu memberikan kerja lebih dalam menjalani berbagai kegiatan. Y yang berarti (YOLO) you only live one once dan terakhir adalah abjad Z adalah Z yaitu zakat dan infaq yang harus dijadikan investasi utama.

Itulah pedoman dari A sampai Z untuk lulusan muda yang disampaikan oleh beliau dalam sesi kali ini, saat setiap poinnya diberikan kebebasan bertanya dan dimanfaatkan oleh peserta untuk bertanya. Tidak terasa malam sudah mulai makin gelap akhirnya acarapun diakhir dengan pemberian sertifikat dan foto bersama.

“kehidupan pasca kampus adalah dunia nyata dan tidak seindah dunia maya”.