Sabtu, Delapan April 2017, gelaran malam penganugrahan sebagai penutup ajang bergengsi pemilihan mahasiswa berprestasi IPB dilaksanakan. sebanyak dua puluh empat orang finalis yang terpilih sebgai wakil dari fakultasnya masing-masing telah selesai mengikuti rangkaian seleksi dan menunggu hasil akhirnya pada malam itu. Satu diantara mahasiswa-mahasiswa yang terpilih tersebut adalah Danu Mandra Pratama, mahasiswa Fakultas Pertanian yang juga merupakan peserta Rumah Kepemimpinan (RK) Bogor.

Singkat cerita malam itu, Danu dianugrahi sebagai Mahasiswa Berprestasi Fakultas Pertanian. di luar kebahagiaannya karena memperoleh prestasi tersebut, Danu punya cerita menarik. bukan tentang hasil akan tetapi tentang proses wawancara di tingkat Fakultas.

“Saat itu”, kata Danu ketika memberikan tips mapres kepada peserta RK Bogor yang lain, “Saya dihadapkan dengan tiga orang pewawancara dan saya diwawancarai jauh lebih lama dari peserta yang lain. di akhir proses wawancara itu para juri memberikan komentar, dan inilah yang sangat unik. Juri pertama mengatakan, ‘Saya suka karakter kamu karena kamu Rendah Hati’. Juri yang lain menyampaikan,’kamu itu Objektif’. dan yang satunya lagi berkata bahwa saya Open mind”.

Bagi mahasiswa yang bukan peserta RK, mungkin kata-kata dari dewan juri tersebut biasa saja. Akan tetapi, bagi Danu yang merupakan peserta RK pasti sangat menarik karena kata-kata tersebut tidaklah asing. Rendah Hati, Objektif, Open mind adalah nilai yang setiap hari diinternalisasikan terhadap dirinya di Asrama Rumah Kepemimpinan.

Peserta RK tentu saja mengenal nilai-nilai dasar RK yang selalu diajarkan. Rendah hati, Objektif, Open mind, Moderat, Prestatif dan Kontributif (ROOM-PK). Termasuk Danu yang mengamalkannya baik dalam seleksi mahasiswa berprestasi, menjalankan organisasi sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah, saat perjalanan conference-nya di Taiwan, maupun dalam kehidupan sehari-harinya.