Jakarta – Rumah Kepemimpinan menegaskan diri sebagai salah satu elemen dari lembaga filantropi yang turut serta dalam pencapaian Sustainable Development Goals / Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Hal ini ditegaskan saat audiensi yang dilakukan oleh RK kepada Sekretariat SDGs Indonesia di bilangan Kuningan hari Senin (17/4). Bapak Junasa dan Bapak Aqil sebagai perwakilan dari RK, disambut dengan baik oleh Bapak Arum Atmawikarta, selaku Manager Sekretariat SDGs untuk pilar sosial.
Audiensi yang dilakukan oleh RK bertujuan untuk membangun relasi dan hubungan kemitraan yang strategis dalam agenda bersama pencapaian SDGs di Indonesia. Selain itu juga sembari berdiskusi tentang apa dan bagaimana peran terbaik yang dapat dilakukan oleh pemuda dalam agenda bersama ini.

Implementasi dan pengarus-utamaan SDGs di Indonesia digawangi oleh pemerintah dalam hal ini Presiden sebagai penanggung jawab utama dan dibantu oleh badan khusus yang melibatkan perwakilan dari stakeholder terkait seperti pemerintah, OMS, bisnis dan filantropi serta media untuk mengurusinya. Sekretariat SDGs Indonesia ini dibentuk pada tahun 2015 dibawah Bappenas untuk menjalankan fungsi pengkajian, pengumpulan data-data , serta monitoring dan evaluasi.

Diharapkan, dalam pencapaian SDGs ini, stakeholder-stakeholder yang ada di Negara ini turut serta secara aktif dan bekerja sama untuk mewujudkan pencapaian SDGs di Indonesia. Kedepan akan ada dokumen yang akan disosialisasikan kepada seluruh stakeholder yang berguna sebagai alat bantu dalam melaporkan aktivitas masing-masing dalam agenda pencapaian SDGs di tahun 2030.

RK sebagai lembaga pembinaan pemuda yang sejak 2002 berkontribusi dan berkiprah dalam menyiapkan pemimpin-pemimpin masa depan Bangsa, merasa perlu untuk membangun relasi dengan sekretariat SDGs Indonesia mengingat pemuda yang menjadi objek pembinaan RK haruslah sedari awal dikenalkan dengan poin-poin yang menjadi tujuan dalam SDGs/TPB. Apalagi program Leadership Project sebagai program andalan RK seharusnya menjadi solusi dalam pencapaian SDGs.
(AQW)