Universitas Hasanuddin yang dikenal sebagai green campus dengan Pola Ilmiah Pokok yang berfokus kepada Kemaritiman serta Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Sains, kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional dengan Tiga orang Mahasiswanya yang berhasil menjadi Juara Lomba Debat Pangan Nasional 2016. Termasuk salah satu alumni Rumah Kepemimpinan (Beasiswa Pemimpin Indonesia) Regional 7 Makassar, Ahmad Akbar.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Pekan Inovasi Indonesia yang bertema “Inovasi untuk Negeri” oleh Universitas Jember pada 31 Agustus 2016 hingga 4 September 2016.

Tim debat Unhas, terdiri atas Ahmad Akbar mahasiswa Statistika, Refah Kurniawan mahasiswa Ilmu Hukum, serta Nurjannah mahasiswa Kedokteran Gigi.

Kolaborasi multidisiplin ilmu tersebut berhasil mengungguli delegasi universitas laiinnya seperti Institut Petanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Mulawarman, dan berbagai Universitas lainnya” Tutur Akbar yang juga merupakan alumni Rumah Kepemimpinan Makassar ini

Lomba Debat Pangan Nasional ini, diikuti oleh 38 Tim dari berbagai Universitas se-Indonesia dan kemudian diseleksi menjadi 10 Finalis.

Tim Universitas Hasanuddin yang menjadi satu-satunya tim dari Indonesia Timur menjadi peringkat pertama dalam babak Penyisihan, namun di babak Final harus mengakui keunggulan Tim Universitas Islam Indonesia yang menjadi Tim Kontra dalam Mosi Impor Gula untuk Stabilitas Ketahanan Pangan Nasional.

Rumah Kepemimpinan | Beasiswa Pemimpin Indonesia