Sudah menjadi hal lumrah untuk mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan dengan upacara memperingati HUT RI setiap tahunnya bagi masyarakat terutama bagi peserta rumah kepemimpinan yang turut hadir dalam upacara yang dilaksanakan di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), bahkan Wakil Rektor III yang akrab dipanggil pak cido’ mengapresiasi antusiasme dari peserta beasiswa pemimpin muda rumah kepemimpinan untuk berpartisispasi dalam agenda tahunan ini.

beasiswa pemimpin muda

Dengan slogan “kerja nyata” dalam HUT RI ke-71 yang mengajak para insan akademisi di Unhas untuk melakukan aksi nyata dan terus berkarya dalam bidang penelitian yang  dibacakan oleh Rektor Unhas selaku inspektur upacara. Teks yang dibacakan oleh inspektur upacara merupakan teks pidato khusus dari kemenristek Dikti untuk disampaikan di setiap universitas.

Pun tidak sampai disitu,  rumah kepemimpinan Makassar menyelenggarakan lomba 17-an yang ikuti oleh anak-anak disekitar asrama rumah kepemimpinan Makassar. Lomba-lomba seperti makan kerupuk, memasukkan pensil ke dalam botol dan mencari permen di piring besar yang diisi terigu.

web2

Keseruan terjadi pun mengajarkan banyak nilai pada anak-anak dan juga peserta rumah kepemimpinan yang bukan hanya berorientasi pada hadiah lomba tapi nilai kebersamaan, kekompakan, kejujuran, kegigihan dan lain-lain yang ingin dibangun.

Mungkin bagi peserta beasiswa pemimpin muda rumah kepemimpinan Makassar yang sekaligus panitia lomba 17-an, momen ini adalah mengingat kembali memori pada masa kanak-kanak pada saat mereka se usia anak-anak peserta lomba 17-an. Dunia memang akan terus berjalan dan zaman akan terus berubah, hal itu memaksa mereka untuk tidak berpaku pada zaman dimana mereka mendapatkan kebahagiaan.

Mungkin banyak yang ingin untuk mengubah bangsa ini menuju arah yang lebih baik dengan banyak mengaspirasikasikan ide mereka diluar sana tapi sangat disayangkan mereka luput bersosialisasi dengan tetangga mereka sendiri. Inilah konsep yang ingin diungkapkan oleh peserta beasiswa pemimpin muda rumah kepemimpinan Makassar agar menjadi pemimpin yang memulai aksi nyata di sekitar mereka yakni tetangga mereka.

www.rumahkepemimpinan.org