Jakarta РHari jumat (29/07) perwakilan program beasiswa pemimpin muda Rumah Kepemimpinan  berkesempatan mengunjungi sekretariat The Habibie Center (THC) di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Perwakilan Rumah Kepemimpinan disambut baik oleh Wakil Direktur THC Рbapak Hadi Kuntjara. Kunjungan Rumah Kepemimpinan kali ini dimaksudkan untuk mengenalkan institusi RK kepada THC serta melihat peluang untuk bersinergi antar kedua institusi.

THC merupakan lembaga bentukan Presiden Republik Indonesia ke-3 – Baharuddin Joesoef Habibie – sesaat setelah purna amanah menjadi Presiden. THC berfokus pada isu demokratisasi yang juga menjadi concern Pak Habibie sewaktu menjabat sebagai Presiden RI. Hari ini bidang kajian THC melingkupi demokratisasi dan HAM, teknologi dan pengetahuan tidak hanya skala nasional, melainkan juga skala ASEAN.

Bapak Kuntjara terlihat antusias tatkala menyambut dan berbincang dengan perwakilan Rumah Kepemimpinan. Beliau anggap, institusi pemberi beasiswa pemimpin muda Rumah Kepemimpinan ini jarang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, ada beasiswa kepemimpinan yang secara mendetail mengevaluasi aktivitas keseharian dari penerima beasiswa. Hal ini penting untuk menggembleng penerima beasiswa agar tidak seenaknya saja ketika sudah diberikan beasiswa. Apalagi secara jangka panjang, pembinaan kepemimpinan dengan model asrama seperti ini dengan porsi pembinaan yang holistik dapat menjadi kabar baik bagi masa depan Bangsa Indonesia.

photo194740337417235273

Kerjasama atau kolaborasi antar institusi bukan tidak mungkin terjadi. Pak Kuntjara mempersilahkan peserta RK untuk hadir di acara rutinnya THC – Talking ASEAN – guna mendalami persoalan-persoalan lintas sektor di ASEAN. THC dalam hal kerjasama antar institusi ini, membuka peluang juga untuk program International Internship bagi peserta RK yang concern di bidang research, terutama studi internasional (ASEAN studies) atau teknologi. Selain itu peserta RK yang berminat untuk menulis jurnal dapat diajukan dan sangat mungkin diterbitkan dalam publikasi bulanan THC.

Diharapkan dari kunjungan ini terbangun ikatan atas dasar visi nasionalisme yang kongruen antara kedua institusi. Seperti yang dilantangkan oleh Pak Habibie bahwa “Demokrasi tak boleh henti !!!!!” menjadi salah satu agenda yang dapat kita sinergiskan bersama.

www.rumahkepemimpinan.org

 

Berbagi dengan yang lain: