Jakarta – Dalam rangka Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari Sabtu (23/7), Rumah Kepemimpinan menyelenggarakan kegiatan mendongeng dan lomba mewarnai untuk anak-anak di sekitar Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh alumni Rumah Kepemimpinan yang tergabung dalam 3 leadership project, yaitu Rumah Belajar Matahari, Green in Action (Greaction), dan Generasi Anti Korupsi (GERAK). Kegiatan ini dihadiri oleh anak-anak Srengseng Sawah yang masih duduk di bangku TK hingga anak-anak kelas 6 SD.

Kegiatan dibuka dengan mengajak anak-anak berdoa terlebih dahulu. Kemudian mereka diajak untuk bermain dan melakukan gerakan-gerakan senam ringan agar mereka bersemangat dan memberikan fokusnya pada kegiatan ini. Selanjutnya tim Rumah Kepemimpinan menyajikan dongeng pertama berjudul “Mia Anak yang Peduli”. Dongeng ini menceritakan tentang seorang anak bernama Mia yang merengek minta sepatu baru, padahal sepatunya masih bagus. Tapi, saat ia melihat teman sekolahnya tidak memiliki sepatu, akhirnya Mia memberikan sepatu barunya kepada temannya tersebut. Dongeng ini mengajak anak-anak untuk menjadi anak yang peduli kepada orang lain.

Untitled-1

Kegiatan dongeng ini diselingi dengan lomba mewarnai. Anak-anak yang sudah diminta membawa alat mewarnai masing-masing dibagi ke dalam dua kelompok. Pertama, kategori TK hingga kelas 3 SD. Kedua, kategori kelas 4 hingga kelas 6 SD. Terdapat beberapa gambar hewan yang mereka warnai. Hewan-hewan tersebut adalah hewan-hewan yang menjadi tokoh dalam dongeng berikutnya.

Setelah mewarnai, anak-anak kembali diajak untuk menyimak dongeng tentang kejujuran dan cinta lingkungan. Dongeng disajikan dengan visualisasi berupa wayang hewan. Anak-anak menyimak dongeng dengan antusias. Setelah dongeng diperdengarkan, mereka diberikan pertanyaan tentang pelajaran yang didapat dari dongeng. Bagi anak yang bisa menjawab, dipersilakan untuk memilih wayang hewan yang mereka sukai.

 Untitled-2

Acara diakhiri dengan pengumuman peenang lomba mewarnai. Juri memilih tiga pemenang dari masing-masing kategori. Setiap pemenang mendapatkan hadiah berupa botol minum. Harapannya anak-anak ini tidak lagi menggunakan botol plastik yang dapat menambah jumlah sampah di Indonesia. Tidak hanya itu, setiap anak yang hadir juga diberikan pin yang terdiri dari enam tulisan, yakni Aku Pintar, Aku Cinta Lingkungan, Aku Berani, Aku Sehat, Aku Kreatif, dan Aku Jujur. Setelah memperoleh dan membaca tulisan di pin masing-masing, mereka diminta untuk membubuhkan cap tangan mereka pada sebuah kain putih. Kegiatan penutup ini sekaligus menjad upaya Rumah Kepemimpinan untuk mengajak anak-anak menumbuhkan nilai-nilai positif pada diri mereka. Pada masa mendatang, anak-anak ini semoga tumbuh menjadi orang-orang yang mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Untitled-3