Malam hari di Asrama Rumah Kepemimpinan Bogor, Selasa 1 Maret 2016 telah diadakan sesi Sharing alumni yang berbeda dari biasanya, telah hadir dua orang alumni IPB yang bergerak didunia Bisnis Online bidang Toko Online yaitu Mas Andika alumni Fakukltas Perikanan dan Ilmu Kelautan angkatan 41 yang merupakan alumni dari rumah kepemimpinan beserta temannya mas Rifky dari Hakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuian Alam angkatan 41. Tema bahasan malam ini sangat menarik yaitu bagaimana menanggapi dunia bisnis online dengan arif dan bijaksana.

 

Memulai bahasan dengan bagaimana membentuk bisnis, bisnis tidak dapat di jalankan tanpa tim, omong kosong kalau bisnis dapat dilaksanakan secara sendiri. Beliau beserta sahabatnya memulai bisnis karena untuk menjalin persahabatan mereka agar menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan mengikat tali persahabatan itu lebih erat. Perusahaan pertama mereka adalah Oranye Printing yang terdapat di IPB Dramaga yang dibangun pada tahun 2006-2007.

 

Menilitk perjalanan karir dibidang bisnis yang mereka laksanakan, yang awalnya membuka oranye Printing pada tahun 2006, mereka melanjutkan karirnya ke bisnis online pada tahun 2010 yang awalnya tertantang oleh seorang dosen yang menantang mereka kalau mereka memang pembisnis sejati pasti bisa menjualkan produk kecantikan dosen tersebut secara baik. Awalnya merek mempromosikan produk-produk tersebut ke teman-teman se-IPB, keluarga dan saudara-saudara yang mereka kenal. Salah seorang teman mereka mencoba menjual produk tersebuit ke kaskus ternyata pesanan yang didapatkan tidak henti-hentinya mengalir, hal tersebut yang membuka mata mereka bahwa bisnis online pada waktu itu masih sangat berpeluang lebar dan mereka berhasil mendapatkan omset sebesar 3 Milyar.

 

Melihat daya beli Indonesia yang sangat tinggi menarik perhatian dunia Internasional maupun nasional, terkadang produsen nasional masih mengganggap apabila mereka dapat mengeksor adalah suatu prestasi yang sangat baik padahal mereka melupakan bahwa Indonesia merupak peluang yang sangat besar. Banyak sekali situs-situ belanja online yang marak sekarang ini adalah milik dari pengusaha-pengusaha luar negeri. Kita memang tidak dapat menghentikan laju impor tetapi kita dapat menghentikan suplai dan mengedepankan barang dalam negeri apabila kita menjadi penjual atau supllier kepada pembeli, celah ini yang harus dimanfaatkan oleh kita, maka dari itu kita mas Andika dan Rizky mengajak teman-teman Rumah Kepemimpinan untuk berkolaborasi dalam program mereka bagaimana menumbuhkan kegemaran menjadi seorang penjual bukan seorang pembeli.

 

Mereka menawarkan proyek dari situ Larisni.com yang mereka bentuk untuk bersama disayagunakan dalam menjual prosuk-produk UKM di Indonesia, karena banyak UKM yang belum memiliki pasar sehingga kesinambungannya masih sangat berbahaya. Program ini dibentuk untuk mendidik calon-calon pengusaha untuk belajar memasarkan dan mempromosikan barang dengan tools yang sudah diberikan dan media publikasi yang sudah diberikan, kita hanya bermodalkan handphone android dan buku tabungan. Karena dunia bisnis online tidak ditentukan oleh kualitas yang tinggim, harga yang mahal dsb tetapi yang menentukan adlah banyaknya orang yang menawarkan produk tersebut sehingga produk tersebut akan menjadi baik dimata masyarakat dan menjadi barang yang betul harus dikonsumsi. Sehingga pada akhirnya mas andika dan rifky menyampaikan penawaran tersebut dan dapat disampaikan ke teman-teman se-IPB yanga da di organisasinya, departemennya dan teman-teman sepermainannya