Dhanita Fauzia atau yang akrab dipanggil Dhani, siapa sangka nama panggilannya yang maskulin membuat orang yang pertama kali mendengar namanya pasti akan mengira ia adalah seorang Ksatria bukan Tiara, adalah satu dari ratusan alumni Rumah Kepemimpinan yang sudah berdiri lebih dari satu dasawarsa ini.

 

Tiara UI angkatan 5 (peserta perempuan Rumah Kepemimpinan angkatan pertama) ini kini sedang meniti karir di Bank Indonesia sebagai Analis di Divisi Asesmen Perbankan dan Simulasi Risiko Sistemik-Departemen Kebijakan Makroprdensial. Siapa sangka, Dhanita ini adalah lulusan Teknik Industri angkatan 2008. Tugas dan kontribusinya di lembaga otoritas moneter tertinggi di negeri ini adalah menyusun asesmen terkait perbankan dan simulasi risiko sistemik dalam konteks makroprudensial untuk kemudian menjadi bahan pertimbangan di Rapat Dewan Gubernur yg dilakukan setiap bulan. Asesmen dan simulasi yg dilakukan berkaitan dengan potensi kerawanan dan risiko sistemik. Selain itu juga melakukan analisa dan review isu-isu strategis terkait perbakan serta melakukan asesmen bank-bank terindikasi berdampak sistemik.

 

Melihat jejak prestasinya, Dhani memang banyak bersentuhan dengan dunia business plan, trading dan teknik industri itu sendiri tentunya. Dhani adalah Scholar of TF-LEARN student exchange program in NUS (Temasek-Foundation Leadership Enrichment and Regional Networking Exchange Program for 2nd semester at National University of Singapore) pada tahun keempatnya berkuliah di UI, selain itu beberapa prestasi berhasil disabet Dhani pada Asian Job Express Business Contest in Tokyo, Japan (Ryohin Keikaku), 2nd National Winner Asian Job Express Business Contest (Ryohin Keikaku), dan 1st National Winner i-Taste Kraft Foods Business Case Challenge. Selain berprestasi dalam lingkup internasional, Dhani juga berprestasi di kampus, memborong penghargaan sebagai High achiever students Industrial Engineering Department Award, 1st National Winner of Mandiri Sekuritas Online Securities Trading Competition (in category Most Curious Trader), dan Winner of Accenture High Performance Scholarship.

 

“Selama menjadi peserta PPSDMS saya belajar banyak hal”, ujar Dhani. Bagaimana tidak, segudang pencapaiannya tidak lain di antaranya dimotivasi dengan atmosfer kompetisi dan berprestasi di Rumah Kepemimpinan PPSDMS.

 

Sebelum bekerja di Bank Indonesia, Dhani sempat bekerja sebagai asisten manajer demand planning, supply chain di PT Unilever Indonesia, internship di beberapa perusahaan seperti PT Unilever Indonesia, PT Accenture Indonesia, dan PT Mandiri Sekuritas.

 

Saat ditanya mengenai cita-cita dan life goals, Dhani menuturkan bahwa dirinya ingin menjadi Guru Besar di Fakultas tetangga tempat ia meraih gelar sarjana, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Melihat sepak terjangnya, maka bukan tidak mungkin cita-citanya tersebut bisa tercapai, Sarjana Teknik yang kemudian akan menjadi Guru Besar FEB UI.